Jumat, 20 November 2015

DAMPAK KECANDUAN MEROKOK

A. Dampak akibat kecanduan merokok

1. Merokok menyebabkan kanker paru. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.
2. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.
3. Perempuan yang merokok berisiko terkena kanker payudara dan kanker servik. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada umur 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.
4. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah adanya Kanker kerongkongan, Kanker pencernaan, Kanker ginjal, Kanker mulut.
5. Serangan jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Bila jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah yang tinggi, maka dapat menyebabkan serangan jantung.
6. Impotensi
merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. karena merokok dapat merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Bila seseorang sudah mengalami impotensi, maka dapat menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.
7. Gangguan medis lainnya
misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.
8. kulit jadi cepat keriput karena kinerja sel-sel menurun yang membutukan oksigen
9. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah menurunnya perekonomian, memang rokok harganya tidak terlalu mahal, akan tetapi bisa kita bayangkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan oleh perokok untuk membeli rokok dalam satu tahunnya bila dalam 1 hari manghabiskan beberapa bungkus rokok.
10. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah menyebabkan kematian.
B. Sejarah penemuan rokok

Rokok dikenal pertama kali waktu di abad ke-18.
Pengemis di Seville mulai untuk memungut dari tanah sisa-sisa cerutu yang ditinggalkan oleh seƱoritos (pemuda-pemuda yang kaya), yang kemudian membungkus sisa tembakau dengan kertas dan mereka nyalakan.
Rokok pertama kali dihisap dapat dibuktikan dan dapat dilihat di tiga lukisan abad yang 18th oleh Francisco de Goya:
– La cometa (Layang-Layang)
– La merienda en el Manzanares (Tamasya oleh Manzanares sungai)
– El juego de la pelota a pala ( Peluru/Bola dan game pedal).
Penggunaan dari tembakau dalam bentuk rokok menjadi terus meningkat dan populer selama dan setelah Peperangan Crimean. Ini telah dibantu oleh pengembangan dari tembakau yang berkualitas untuk rokok. Selama Perang Dunia I dan II, rokok telah dijatah kepada tentara. Sepanjang pertengahan abad 20, kampanye kesehatan tentang efek yang kurang baik dari rokok dimulai dan secara luas dikenalkan dan teks peringatan kesehatan yang memperingatkan menjadi hal yang biasa pada paket rokok.
Amerika Serikat belum menerapkan label secara grafis peringatan pada rokok, yang mana hal tersebut merupakan suatu metoda efektif untuk mengkomunikasikan pada masyarakat akan bahaya dari rokok.

Canada dan Australia, bagaimanapun, mempunyai kedua-duanya naskah peringatan dan gambaran visuil grafis, di antaranya, dampak dari penggunaan tembakau dapat merusakkan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar